sekilas 20 Linux

Linux adalah sistem operasi, yang  didefiniskan oleh banyak orang, sebagai sisten yang menyerupai UNIX atau dengan istilah UNIX-like / UNIX-style atau sering juga dengan  kata UNIX-clone. Linux sendiri pada mulanya dikembangkan oleh seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvalds (Finlandia).

Jangan terkecoh dengan istilah-istilah di atas baik UNIX-like, UNIX-style maupun UNIX-clone !!! Mari kita lihat secara praktis saja, apa yang kita sebut jika dua benda yang bertingkah laku sama, berbentuk menyerupai, dengan konsep dasar yang hampir seluruhnya sama ??? Kita akan mengatakan kedua benda itu adalah sama setidaknya kembar siam. Hanya saja yang satu lebih ramah dibandingkan yang lainnya. =) Yang membedakan antara varian UNIX adalah sifat-sifatnya yang berbeda kalo kita analog kan dengan membandingkan anak kembar dalam keluarga.

Oleh karena itu, janganlah Anda terjebak dengan perkataan di media massa ataupun pernyataan seseorang di sebuah forum, bahwa Linux tidak sama dengan UNIX. Pada dasarnya semua UNIX itu berbeda, seperti kata saya sebelumnya, karena setiap varian UNIX punya kekhususan yang tersendiri, tergantung tujuan dari pengembangan sistem itu. Jadi memang benar Linux itu berbeda dengan UNIX yang lainnya, tetapi perbedaan itu terletak pada kekhususan yang dikembangkan oleh Linux. Linux saat ini cenderung lebih banyak bergerak di bidang ke-userfriendly-an dan ke-easy-to-use-an, yang biasa kita peroleh dari Windows.

Linux bersifat Open Source, yaitu source code dari aplikasi-aplikasi pembentuk sistem dan aplikasi-aplikasi lainnya itu diberikan secara bebas, sehingga orang lain dapat melakukan modifikasi-modifikasi ataupun pengembangan-pengembangan yang sifatnya customize. Oleh karena itu, banyak individu dan organisasi yang mengembangkan Linux sesuai dengan keinginannya, yang mengakibatkan muncul banyak distribusi-distribusi, antara lain :

•    RedHat

•    Mandrake

•    Slackware

•    Debian

•    SuSE

•    Stampede

•    MkLinux

•    LinuxPPC

•    Yellowdog Linux

•    PhatLinux

•    Caldera OpenLinux

•    WinLinux2000

•    dan masih banyak lagi

Apa yang membedakan mereka ? Bagaimana kita memilihnya ?

Jawabannya sesungguhnya sederhana saja, kenali dulu mereka satu-satu, barulah kita memilih, sebetulnya hampir mirip kita mencari jodoh, kita melakukan pendekatan dulu, kalo terasa cocok, baru kita teruskan ke jenjang yang lebih serius …. =)

Jawaban yang lebih serius … apa yang membedakan sebuah sistem dengan sistem yang lain, yang harus dilihat :

1.    versi kernelnya (kernel adalah inti dari sebuah sistem operasi)

2.    tujuan dari dibuatnya sistem itu

Maksudnya adalah sebuah sistem yang terinstall Linux bisa dikatakan berbeda jika versi kernelnya dan fungsi sistem itu berbeda. Yang satu menggunakan kernel versi 2.2.10 dan sebagai workstation, dan sedangkan yang satu lagi menggunakan kernel 2.0.36 dan sebagai sebagai web, mail, ftp server.

Dapat saya katakan bahwa saya mampu membuat beberapa komputer bersistem operasi dengan distribusi Linux yang berbeda dengan hasil yang sama, terasa sama tanpa beda sedikitpun. Artinya terserah kita akan menggunakan distribusi apa saja karena kalo kita menginginkan komputer itu menjadi sesuatu yang khusus, aplikasi yang akan kita pasang pada sistem Linux kita tidak tergantung dengan distribusi, mereka lebih tergantung dengan versi kernel, jenis compiler (kalo di Windows mungkin Anda mengenal Pascal atau C++) dan library yang digunakan (kalo di Windows kita mengenalnya sebagai file .DLL).

Beberapa faktor yang membedakan antara distribusi :

1.    Cara installasi

2.    Platform yang dituju (Personal computer, IBM PPC, Sun Sparc, Macintosh PPC, etc)

3.    Tujuan Pembuatan (fokus sebagai server / workstation, bisa diinstall di partisi yang sama dengan Windows, bisa langsung diakses dari Windows)

4.    Versi Kernel yang digunakan

5.    Aplikasi-aplikasi yang sudah termasuk dalam paket (misal : OpenLinux menyediakan StarOffice dan NetWare, sedangkan Slackware hanya memberikan aplikasi-aplikasi standar + Mandrake biasanya aplikasi sebagai workstation lebih banyak dibandingkan RedHat)

Dari sekian banyak pertimbangan dalam memilih Linux, saya bisa memberikan sebuah tips yang mungkin akan sangat berguna, selama ini saya juga menggunakan cara ini, yaitu : Pilihlah distribusi yang release paling terakhir, misal untuk saat ini RedHat 6.1 adalah versi distribusi Redhat paling akhir keluar.

Mengenai sejarah, keunggulan, kelemahan, masalah teknis mengenai Linux, Anda bisa mencari informasi tersebut melalui internet, dengan mengakses site-site Linux, antara lain :

•    http://www.linux.com

•    http://www.linux.or.id

•    http://bandung.linux.or.id

atau mendownload modul Linux melalui ftp://www.ti.itb.ac.id/pub/Linux/ atau juga bergabung mailing list Linux Indonesia dengan mengirimkan e-mail ke alamat berikut :

•    linux-setup-subscribe@linux.or.id

•    linux-admin-subscribe@linux.or.id

•    linux-berita-subscribe@linux.or.id

•    linux-aktivis-subscribe@linux.or.id

•    organisasi-subscribe@bandung.linux.or.id

3 thoughts on “sekilas 20 Linux

  1. […] sekilas 20 Linux […]

  2. […] sekilas 20 Linux […]

  3. febri saddam II mengatakan:

    mantep nii

Post Comments:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s