Sejarah Singkat Pascal

Bahasa Pascal dikembangan pada awal tahun 1970-an oleh imuwan komputer eropa, Prof. Nicklaus Wirth (dibaca: Veert) dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama Pascal berasal dari nama ahli matematika dan philosopi dari perancis (abad 17)  Blaise Pascal yang menemukan mesin hitung mekanik pertama. Pascal merupakan perkembangan dari bahasa Algo 60 dan Algo W (turunan Algo 60). 

Bahasa Pemrograman pada tahun 1969 sangat rumit. Kemudian Wirth ingin menciptakan bahasa yang sederhana dan ringkas, tetapi cukup baik untuk memecahkan berbagai macam masalah. ada dua tujuan yang ingin dicapai Wirth, yaitu ingin menjadikan Pascal sebagai bahasa yang sesuai untuk pengajaran pemrograman sebagai sebuah disiplin yang sistematis, dengan konsep dasar yang jelas dan secara alamiah direleksian oleh bahasa dan efisien untuk dieksekusi oleh komputer. Writh berhasil mencapai dua tujuan tersebut.

Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa pascal yang dibuat oleh Nirklaus Wirt dan K. Jensen. 

Post Comments:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s