Membuat Program Bintang Dengan Menggunakan Perulangan For-Do

Membuat Program Bintang Dengan Menggunakan Perulangan For-Do

  1. Program for_to_do;

             Uses crt;

             Var

                     I,j,k:integer;

            Begin

                   For k:= 1 to 5 do

                  Begin

                          For i:= 5 downto k do

                         Write(‘ ‘);

                         For j:= 1 to k do

                         Write(‘*’);

                        Writeln;

                       End;

          Readln

          End.

 Hasil :

               *

              **

             ***

            ****

           *****

 2. Program for_to_do;

     Uses crt;

     Var

              I,j,k:integer;

     Begin

              For k:= 1 to 5 do

             Begin

                       For i:= 1 to k do

                       Write(‘ ‘);

                               For j:= 5 downto k do

                               Write(‘*’);

                             Writeln;

                            End;

     Readln

     End. 

Hasil :  

 *****

  ****

   ***

    **

     *

3. Program for_to_do;

     Uses crt;

     Var

              I,j,k:integer;

     Begin

              For k:= 1 to 5 do

             Begin

                         For i:= 1 to k do

                        Write(‘ ‘);

                                    For j:= 5 downto k do

                                     Write(‘**’);

                                   Writeln;

                                  End;

     Readln

     End.

 Hasil :

 **********

  ********

   ******

    ****

     **

4. Program for_to_do;

     Uses crt;

     Var

              I,j,k:integer;

     Begin

                   For k:= 1 to 5 do

                   Begin

                                 For i:= 1 to k do

                               Write(‘ ‘);

                                         For j:= 5 downto k do

                                      Write(‘*’);

                                        Writeln;

                                   End;

                  For k:= 1 to 5 do

     Begin

              For i:= 1 to k do

              Write(‘ ‘);

              For j:= 5 downto k do

              Write(‘*’);

              Writeln;

              End;

     Readln

     End.

Hasil :

               *

              **

             ***

            ****

           *****

           *****

            ****

             ***

              **

               *

 5.  Program for_to_do;

     Uses crt;

     Var

              I,j,k:integer;

     Begin

     Clrscr;

              For k:= 1 to 5 do

     Begin

              For i:= 5 downto k do

              Write(‘ ‘);

              For j:= 1 to k do

              Write(‘**’);

              Writeln;

              End;

     Readln

     End.

     Hasil :

    **

   ****

  ******

 ********

**********

STRUKTUR PERULANGAN

STRUKTUR PERULANGAN

1. Perulangan For….Do…

         Digunakan untuk perulangan yang telah diketahui berapa kali akan diulang. Perulangan For dapat berbentuk perulangan positif, perulangan negatif dan perulangan tersarang.

    a. Perulangan Positif 

          Adalah perulangan dengan penghitung (counter) dari kecil ke besar atau pertambahannya positif.

Bentuk Umum :

For variabel_kontrol := nilai_awal to nilai_akhir do

Statement ; 

Contoh 1 :

Var 

           I : integer ;

Begin

          For i:= 1 to 5 do

          Write(’Pascal ‘);

Readln

End.  

Contoh 2 :

Uses crt;

var

            i : integer ; 

Begin 

            For i := 1 to 5 do

                    Begin

                             Writeln(‘Pascal’) ;

                             end;

readln

end.

Contoh 3 :

uses crt;

var

        i : integer ;

begin

            for i:= 1 to 5 do

                    begin

                             writeln (i);

                             writeln(‘Pascal’);

                             end;

readln

end.

   b. Perulangan Negatif

adalah perulangan dengan penghitung (counter) dari besar kecil atau pertambahannya negatif.

Bentuk Umum :

For variabel_kontrol := nilai-awal downto nilai_akhir do

statement;

Contoh :

uses crt;

var

             i : integer ;

begin

             for i := 1 to 5 do

            writeln (‘angka ke’, i,”Pascal’);

readln

end. 

    c. Perulangan Tersarang (nested loop)

         adalah perulangan yang berada dalam perulanagan lainnya. perulanagn yang lebih dalam akan diproses terlebih dahulu sampai habis. kemudian perulanagan yang luar baru bertambah, mengerjakan perulanagn yang lebih dalam lagi mulai dari awal dan seterusnya.

Contoh :

uses crt;

var

            i, j : integer ;

begin

           for i := 1 to 5 do

            begin

                 for j := 1 to 5 do

                 write (i:8, j:5);

                 writeln;

                  end;

readln

end.

2. Perulangan While….Do…

           Digunakan untuk melaksanakan blok statemen selama kondisinya benardalam perulangan ini sudah diketahui.

Bentuk Umum :

while ungkapan_logika Do

statemen ;

Contoh:

Uses crt;

Var

            I:integer;

Begin

            I := 0;

            While i < 4 do

            Begin

                      Writeln(‘Belajar’);

                      I := i+1;

                      End;

            Writeln(‘Pascal);

Readln

End.

    a. Perulanagn While-Do Tersarang

       adalah suatu perulangan While-Do yang ada didalam perulangan While _Do yang lain.

Contoh :

uses crt;

var

            i, j : integer ;

begin

           i := 1 ;

           while i < 5 do 

          begin

                j := 1 ;

                while i < 2 do

                begin 

                        writeln (i:5, j:5);

                         j := j + 1 ; 

                        end;

readln

end.

3. Perulangan REPEAT-UNTIL

           Perulangan ini melakukan uji kondisi pada akhir perulangan artinya perulangan dikerjakan terlebih dahulu, kemudian baru diuji. Proses akn diulang sampai suatu kondisi yang diberikan bernilai benar.

Bentuk Umum  :

Repeat

       Statemen ;

       Until ungkapan_logika ;

Contoh:

Uses crt;

Var 

            I:integer;

Begin

            I:=0;

            Repeat

                      I:=i+1;

                      Writeln(i);

            Until I = 5;

Readln

End.

Repeat-Until Tersarang

           adalah suatu perulanagn Repeat-Until yang berada didalam perulangan repeart-Until yang lain.

contoh :

uses crt;

var

            i, j : integer ;

begin

           i := 1 ;

           repeat

                 i := i + 1;

                j := 0;

                repeat 

                             j := j + 1 ;

                             writeln (i:5, j:5);

                       unntil j = 3 ;

                       until j = 3 ;

readln

end.

STRUKTUR PERCABANGAN

          Struktur percabangan atau sering disebut dengan struktur kontrol ini memungkinkan programmer untuk membuat program yang dapat memilih satu langkah di antara sejumlah langkah untuk dikerjakan. Dalam Pascal disediakan 2 buah struktur kontrol seleksi, yaitu:

1. Statemen IF

    a. Struktur IF……Then…..

Bentuk : if kondisi then statemen;

Contoh :

Uses crt;

Var

            Nilai:char;

            Ket:string[5];

Begin

             Write(‘Masukan Nilai :’);

             Readln(Nilai)

            If Nilai = ‘E’

            Then    Ket := ‘Gagal’;

            Ket := ‘Lulus’;

            Writeln(‘Keterangan :’,Ket);

Readln

End.  

     b. Struktur IF……ThenElse

Bentuk : if kondisi then

statemen1;

else

statemen2 ; 

Contoh :

Uses crt;

Var

           Nilai:char;

           Ket:string[5];

Begin

           Write(‘Masukan Nilai :’);

           Readln(Nilai)

           If Nilai > 60 Then       

          Ket := ‘Gagal’;

                Else

          Ket := ‘Lulus’;

          Writeln(‘Keterangan :’,Ket);

Readln

End.          

      c. Struktur IF Tersarang

         Merupakan struktur kontrol di mana suatu aksi dilaksanakan berdasarkan kondisi logikanya (benar atau salah). Struktur if .. then … sendiri memiliki 4 jenis, yaitu:

• Bentuk 1

if kondisi1 then

if kondisi2 then

statemen1;

else

statemen2;

• Bentuk 2

if kondisi1 then

begin

if  kondisi1 then

statemen1;

else

statemen2;

end;

• Bentuk 3

if  kondisi1 then

if  kondisi2 then

statemen1;

else

statemen2;

else

statemen3;

• Bentuk 4

if  kondisi1 then

begin

if  kondisi2 then

begin

if  kondisi3 then

statemen1;

else

statemen2;

end;

end;

end;

Contoh:

Uses Crt; 

var

           Nilai:integer; 

           Huruf:char;

begin

          write(‘Baca nilai :’);readln(Nilai); 

          if nilai>=80 then Huruf := ‘A’

         else    

         if nilai>=70 then Huruf :=  ‘B’

         else       

        if nilai>=55 then Huruf :=  ‘C’

        else          

        if nilai>=35 then Huruf :=  ‘D’

       else             

       huruf :=’E); 

      writeln(‘Keterangan :’,Huruf);

readln 

end.

Catatan: Jika anda menggunakan else, perlu diingat bahwa satu baris sebelum else tidak diperkenankan mengandung tanda “ ; ”.

2. Statemen Case

    a.  Struktur CaseOf

         Merupakan peluasan dari struktur IF. Karena kalau dalam struktur IF hanya disediakan dua pilihan (berdasarkan kondisi logikanya) maka dalam struktur Case..of dimungkinkan untuk memilih satu pilihan di antara banyak pilihan yang ada. Bentuk umumnya : 

Case  var_pilih  of   

Pilih1 : aksi1 ;     

Pilih2 : aksi2 ;     

……………. ;      

pilih-n : aksi-n ;         

end;          

Contoh:

uses crt;

var

           nilai:char;

begin

          write(‘Nilai huruf yang didapat :’);

          readln(nilai);

          case nilai of

         0..25 : writeln(‘Nilainya = E’);     

         26..39 : writeln(‘Nilainya = D’);     

         40..64 : writeln(‘Nilainya = C’);     

        65..79 : writeln(‘Nilainya = B’);     

       80..100: writeln(‘Nilainya = A’);     

       End;

readln

End.

     b. Struktur CaseOfElse..

Case  var_pilih of

pilih1 : aksi1 ;

 pilih2 : aksi2 ;

……………. ;

pilih-n : aksi n;

else aksi-n+1

end; 

Contoh:

Uses Crt; 

Var 

             Nilai : integer; 

begin         

            write(‘Baca nilai =’);readln(Nilai); 

           Case Nilai of      

           0..25 : writeln(‘Nilainya = E’);     

          26..39 : writeln(‘Nilainya = D’);     

          40..64 : writeln(‘Nilainya = C’);     

          65..79 : writeln(‘Nilainya = B’);     

         80..100: writeln(‘Nilainya = A’);     

          else           

         writeln(‘Tidak ada nilai yang dimaksud :’);

          end;

readln

end.

Catatan : Program ini akan memberikan nilai yang sama persis dengan yang menggunakan struktur IF.

Operator dalam Bahasa Pascal

Operator dalam Bahasa Pascal

Tanda operasi (operator) di dalam bahasa Pascal dikelompokkan ke dalam 9 kategori, yaitu

  • Assignment operator

Menggunakan simbol titik dua diikuti oleh tanda sama dengan (:=).

Contoh :

A:=B;

  • Binary operator

Untuk mengoperasikan dua buah operand. Operand dapat berbentuk konstanta ataupun variabel. Operator ini digunakan untuk operasi aritmatika yang berhubungan dengan nilai tipe data integer dan real.

Operator Operasi Tipe Operand Tipe Hasil

*

perkalian real,realinteger,integerreal,integer realintegerreal

div

pembagian bulat integer,integer integer

/

pembagian real real,realinteger,integerreal,integer realrealreal

mod

sisa pembagian integer,integer integer

+

pertambahan real,realinteger,integerreal,integer realintegerreal

-

pengurangan real,realinteger,integerreal,real realintegerreal

Contoh :

15*5   hasilnya     75

20/3   hasilnya       6.6666666667E+00

div 3         hasilnya           6

20 mod 3  hasilnya           2

  • Unary operator

              Dapat berupa unary minus dan unary plus. Unary minus digunakan untuk menunjukkan nilai negatif, baik pada operang numerik real maupun integer. Unaru plus adalah operator untuk memberai tanda plus.

Contoh :

-5         +7

-2.5      +2.5

  • Bitwise operator

              Digunakan untuk operasi bit per bit pada nilai integer. Terdiri dari operator NOT, AND, OR, XOR, SHL, SHR.

  • Relational operator

              Membandingkan hubungan antara dua buah operand dan akan didapatkan hasil tipe boolean, yaitu True atau False. Terdiri dari operator : =, <, >, <=, >=, <>

  • Logical operator

             Terdapat 4 buah logical operator yaitu : NOT, AND, OR dan XOR. Operator ini bekerja dengan nilai-nilai logika, yaitu True dan False.

  • Address operator

            Operator ini berhubungan dengan alamat di memori, yaitu :

@ : Addriess-of Operator adalah alamat dari suatu nilai variabel.

^ : Indirection Operator adalahnilai di alamt yang ditunjukkan.

Operator ini akan digunakan pada pembahasan mengenai pointer.

  • Set operator

            Digunakan untuk operasi himpunan

Operator

Operasi

+

Union

-

Perbedaan himpunan

*

Perkalian himpunan
  • String operator

             Digunakan untuk operasi string. Hanya ada sebuah operator string saja, yaitu operator + yang digunakan untuk menggabungkan dua buah nilai string.

Contoh :

Nama1 := ‘Asa‘;

Nama2 := ‘Anugrah’;

Nama3 := Nama1 + Nama2;

Pengaturan Warna Tampilan pada Monitor

Pengaturan Warna Tampilan pada Monitor

  • TextBackground

             Mengganti warna background tulitan yang ditampilhan di layer dengan warna yang kita inginkan. Perintah yang digunakan adalah:

Textbackground(warna); 

Adapun macam warna atau nilai warna :

Warna

Konstanta

Nilai

Hitam Black 0
Biru Blue 1
Hijau Green 2
Biru Laut Cyan 3
Merah Red 4
Magenta Magena 5
Coklat Brown 6
Coklat Muda Light Gray 7
Coklat Tua Drak Brown 8
Biru Muda Ligh Blue 9
Hijau Muda Light Green 10
Cyan Muda Light Cyan 11
Merah Muda Light Red 12
Magenta Muda Ligh Magenta 13
Kuning Yellow 14
Puih White 15

Contoh :

Uses crt;

Begin

           Textbackground(Red);

           Writeln(‘Pascal’); 

Readln

End. 

  •  Textcolor

              Mewarnai tulisan.

Perintahnya adalah: 

Textcolor(warna);

Cara pengisian warna sama dengan Textbackground.

Contoh:

Uses crt;

Begin

             Textbackground(Red);

             Textcolor(Blue);

             Writeln(‘Pascal’); 

Readln

End. 

Statemen-statemen untuk transfer nilai dari suatu variable

Statemen-statemen untuk transfer nilai dari suatu variable adalah sebagai berikut :

1. CHR(fungsi)

Merubah nilai dari byte ke bentuk karakter yang sesuai dengan kode ASCII.

Sintaks: CHR(x);

Keterangan : x bertipe byte

contoh : WRITELN(CHR(61);

hasilnya : a

2. ORD(fungsi)

Merubah nilai suatu variabel dari bentuk karakter ke bentuk longint.

Sintaks: ORD(X);

Keterangan : x bertipe char

contoh : WRITELN(ORD(‘B’);

hasilnya : 42

3. ROUND(fungsi)

Membulatkan data tipe real ke data tipe longint.

Sintaks: ROUND(X);

Keterangan : Jika nilai pecahan < 0,5 maka dibulatkan kebawah.

Jika nilai pecahan > 0,5 maka dibulatkan keatas.

contoh : WRITELN(’10/3 dibulatkan = ‘,ROUND(10/3));

hasilnya : 10/3 dibulatkan = 3

4. TRUNC(fungsi)

Membulatkan kebawah data tipe real ke data tipe longint.

Sintaks: TRUNC(X);

contoh :

WRITELN(’20/3 dibulatkan kebawah = ‘,TRUNC(20/3));

hasilnya : 20/3 dibulatkan kebawah = 6

Statemen-statemen untuk memanipulasi data

5. PRED(fungsi)

Memberikan nilai sebelum nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.

Sintaks: PRED(x);

6. SUCC(fungsi)

Memberikan nilai sesudah nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.

Sintaks: SUCC(x);

7. INC(fungsi)

Menambah (increments) nilai suatu variabel.

Sintaks: INC(x,i); {i >= 1}

8. DEC(fungsi)

Mengurangi (decrements) nilai suatu variabel.

Sintaks: DEC(x,i); {i >=1}